Jerawat yang muncul pada wajah menjadi salah satu penyebab munculnya rasa tidak percaya diri ketika bertemu dengan banyak orang. Selain itu, salah satu penyebab peradangan pada kulit ini juga menimbulkan rasa yang sakit apalagi jika tidak sengaja tersentuh. Hal ini sering dikeluhkan khususnya oleh beberapa wanita yang memiliki jerawat disebabkan oleh berbagai hal.

Penyebabnya seperti pertanda akan datang bulan, akibat dari setres dan perasaan tertekan, pola hidup yang tidak baik, salah menentukan jenis makanan, sel-sel pada kulit yang sudah mati, bakteri, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan kondisi kulit dan lain sebagainya. Menghilangkan bekas jerawat menjadi hal penting yang diupayakan oleh para wanita agar penampilan mereka minimal kembali seperti semula sehingga rasa percaya diri akan kembali mereka miliki untuk berinteraksi dan berbaur dengan orang-orang di berbagai kalangan.

Jerawat ini terjadi karena posisi pori-pori tersumbat oleh cairan berwarna putih kuning yang bekat seperti nanah dan memiliki beberapa jenis meliputi jerawat batu (dengan bentuk nanah kecil dan keras seperti batu), jerawat biasa (nanah berupa cairan pekat dan umumnya jerawat berwarna merah), dan komedo yang biasanya berada di lipatan hidung atau dagu. Rasa ‘gemes’ yang mungkin Anda rasakan ketika memiliki jerawat bisa dengan mudah membuat Anda memencet jerawat tersebut sampai seluruh nanah keluar bahkan tidak jarang keluar sedikit darah. Tindakan seperti ini ternyata memiliki risiko dan dampak yang berbahaya karena dapat merusak kulit dan hanya akan meninggalkan bekas.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Tips Menghilangkan Bekas Jerawat Ampuh

Bukan kesembuhan yang didapatkan, tetapi jerawat tersebut akan berubah menjadi jerawat membandel. Lalu bagaimana solusinya? Berikut ini cara jitu menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa segera Anda lakukan.

1. Penggunaan air perasan jeruk nipis

Manfaat dari jeruk nipis salah satunya untuk menghilangkan bekas pada jerawat tentunya dengan beberapa cara yang sederhana dan sangat mudah dilakukan. Cara menghilangkan bekas jerawat dengan air perasan jeruk nipis yaitu dengan langsung mengoleskan dengan merata cairan tersebut ke seluruh wajah. Tunggu dalam beberapa menit agar cairan tersebut meresap kira-kira dalam waktu 15 menit saja. Setelah kering, basuh wajah Anda dengan air hangat sekaligus dipijat-pijat dengan pelan.

2. Memanfaatkan es batu

Es batu yang sering kita gunakan sebagai campuran minuman untuk melepas dahaga ternyata memiliki manfaat lain bagi tubuh, salah satunya yaitu sebagai cara menghilangkan bekas pada jerawat. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan membersihkan seluruh bagian pada wajah Anda kemudian gosokan pelan-pelan es batu tersebut pada seluruh wajah Anda hingga merata dan juga pada bagian leher tempat dimana bekas jerawat berada. Lakukanlah dengan cara memutarkan es batu tersebut dengan arah jarum jam selama kira-kira 15 menit sampai dengan 20 menit saja. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara sederhana ini sebanyak dua sampai empat kali dalam satu hari.

3. Penggunaan lidah buaya

Salah satu tanaman herbal lidah buaya memiliki manfaat penting untuk menghilangkan bekas jerawat pada wajah. Selain sebagai penumbuh rambut, lidah biaya ini menjadi salah satu cara mengatasi jerawat dengan mudah yaitu dapat dimanfaatkan bagian gelnya untuk membantu menghilangkan bekas jerawat dengan cara mengoleskannya secara langsung pada bagian wajah dengan bekas jerawat tersebut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan langkah ini dengan rutin setidaknya dua kali dalam sehari. Jerawat yang sangat mengganggu Anda dalam waktu singkat akan menghilang dengan mudah dan bahkan tidak meninggalkan bekas apapun.

4. Menggunakan telur dan madu

Telur dan madu menjadi salah satu jurus jitu yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel. Tips jitu menghilangkan jerawat satu ini dengan cara mengoleskan madu dan telur tersebut sebagai masker wajah. Biasanya hanya salah satu bahan saja yang digunakan untuk masker, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal tentunya campurkan saja dua bahan ini sekaligus. Pembuatan maskernya cukup dengan mencampurkan madu dan putih telur lalu aduk sampai keduanya bercampur dengan merata. Sebelum menggunakan masker ini, bersihkan terlebih dahulu wajah Anda lalu olehkan masker tersebut ke seluruh bagian wajah dengan merata kecuali area mata, bibir, dan lipatan hidung karena area ini sangat sensitif. Alangkah lebih baik jika masker wajah ini dilakukan ketika hendak tidur sehingga selama satu malam kandungan masker akan terserap dengan sempurna oleh wajah dan akan mendapatkan hasil yang sangat maksimal.

5. Maker buah-buahan

Salah satu jenis buah yang dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bekas jerawat adalah buah tomat. Tomat menjadi salah satu bahan alami yang memiliki kandungan cukup ampuh seperti vitamin C yang dapat digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas jerawat bandel dengan sangat sederhana dan sangat mudah. Masker tomat menjadi salah satu alternatif pengolahan buah tomat dengan cara membersihkan tomat yang tidak terlalu matang terlebih dahulu lalu blender dan pastikan bahwa tomat tersebut sudah halus. Jangan sampai lupa mencampurkan air dan gula pasir karena tomat akan diubah menjadi masker bukan menjadi jus. Langkah selanjutnya yaitu dengan mengoleskan masker tomat ke seluruh bagian wajah secara merata kecuali beberapa bagian sensitif seperti sekitar mata, lipatan hidung, dan juga bagian bibir.

Beberapa tips dan trik untuk menghilangkan bekas jerawat dengan mudah seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas dapat langsung Anda praktikkan secara langsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here