Perjuangan mencari kerja sudah tentu menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan yang pernah dirasakan oleh setiap orang, terutama para fresh graduate. Berbagai jenis informasi mengenai lowongan pekerjaan mungkin sudah Anda akses bahkan dicatat dengan sangat rapi dalam buku catatan, selain itu berbagai tips cari kerja dan persiapan seperti lamaran dan mental ketika interview sudah dipersiapkan sebaik mungkin tetapi masih dianggap belum cukup. Tingkat persaingan yang semakin tinggi dengan adanya sumber daya manusia berpendidikan tinggi yang semakin banyak tentunya membuat lapangan pekerjaan yang ‘layak’ makin sempit sehingga keterampilan menjadi salah satu kunci untuk sukses dalam mencari pekerjaan.

Skill yang Anda miliki selama berproses di bangku kuliah sudah tentu menjadi salah satu tips cari kerja yang mudah dan sangat ampuh sehingga berbagai jenis pekerjaan dan lowongan dengan jabatan dan gaji menarik sudah menunggu Anda. Jika Anda belum yakin dengan keterampilan yang dimiliki, tentunya hobi bisa menjadi salah satu dasar dalam mencari pekerjaan. Jika Anda menyukai dunia fashion maka cobalah untuk terjun di dunia fashion dengan ide-ide kreatif, jika Anda menyukai dunia tulis menulis maka terjunlah ke dalam pekerjaan yang memberimu kesempatan untuk menuangkan berbagai ide inovatif dan kreatif. Hobi yang menyenangkan bagi Anda tentunya menjadi pintu gerbang yang terbuka dengan sangat lebar untuk memulai karier.

Tips Cari Kerja yang Mudah

Tips dan Trik Mencari Kerja

Nah, pada kesempatan kali ini secara langsung akan dibahas mengenai beberapa tips dan trik mencari kerja yang mungkin bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk memilih suatu pekerjaan.

1. Pergunakan koneksi komunitas

Selama menempuh bangku kuliah tentunya Anda pernah iseng-iseng mengikuti kegiatan suatu komunitas atau bahkan minimal satu kali mengikuti kepanitiaan baik di intrakampus maupun di ekstrakampus. Setelah lulus, tentunya koneksi dalam hubungan komunitas sangat penting bagi Anda karena barangkali mereka yang menjadi jalan Anda untuk meniti karier di masa depan yang bisa mensukseskan diri Anda.

2. Manfaatkan kerabat dan hubungan keluarga

Tips mencari kerja dengan gaji tinggi bisa ditempuh salah satunya dengan memanfaatkan hubungan kekerabatan. Bisa jadi salah satu anggota keluarga Anda memiliki posisi yang bagus dalam sebuah perusahaan, hal ini tentunya akan menjadi harta karun bagi Anda karena kemampuan melobi bisa diandalkan dalam kesempatan ini.

3. Persiapkan berkas lamaran dengan menarik

Persyaratan administratif menjadi hal terpenting yang harus dipersiapkan dengan sangat baik karena kebanyak dari beberapa orang yang gagal mendaftar sebuah pekerjaan disebabkan karena rasa tergesa-gesa dan tidak teliti sehingga terdapat beberapa berkas penting yang tidak terlampir. Salah satu tips jitu cari kerja akan lebih sempurna dengan mempersiapkan penampilan dan kemampuan ketika interview atau masuk dalam tahap wawancara. Persiapkan diri sebaik mungkin dan tunjukkan rasa percaya diri Anda untuk bisa bergabung dengan perusahaan tersebut.

4. Tips cari kerja sesuai passion

Passion seseorang tentunya berbeda-beda dan setiap orang secara lahiriah memiliki bakat masing-masing yang akan menjadi keahlian tentunya ditempuh dengan cara diolah dengan matang. Seperti halnya sedikit informasi yang sudah dibahas di atas, passion bisa saja lahir dari sebuah hobi. Beberapa orang bahkan sempat bertanya-tanya mengapa lulusan sarjana pertanian bisa menjadi seorang desainer pakaian pengantin dengan kualitas yang tidak dapat ditandingi, bagaimana bisa seorang sarjana sastra bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pajak dan akuntan, bagaimana mungkin seorang sarjana peternakan bisa menjadi seorang wirausaha yang mengerti manajemen dengan sangat baik? Nah, hal inilah yang membuat passion menjadi kunci penting dalam sebuah keberhasilan.

5. Fulltime job

Sesuai dengan namanya, istilah fulltime job sering dipakai pada beberapa jenis pekerjaan sesuai dengan jam kerja. Bekerja dengan jam kerja penuh biasanya dari sejak pagi hari pukul delapan sampai dengan pukul empat sore atau berada pada kisaran tersebut. Sistem kerja seperti ini tentunya akan memberikan salary atau gaji yang lebih tinggi daripada kerja dengan sistem paruh waktu. Tips dan trik mencari kerja full time tentunya bisa dengan mudah didapatkan, pertanyaannya adalah apakah dengan seharian penuh berada di kantor maka pikiran tidak setres dan beraneka pekerjaan rumah bisa terselesaikan? Jika Anda sudah berkeluarga, tentunya bekerja dengan sistem seperti ini akan sangat melelahkan bagi Anda. Setiap harinya harus bangun pagi, membersihkan rumah, mencuci pakaian, memasak, pergi ke kantor, pulang sore lalu memasak dan kemudian tidur. Belum lagi jika terdapat beberapa deadline kantor yang belum selesai maka sesampainya di rumah pun sudah tentu pekerjaan yang akan Anda selesaikan terlebih dahulu.

6. Tips mencari kerja part time

Berbeda dengan sistem fulltime yang sudah diterangkan di atas, sesuai dengan namanya maka kerja dengan sistem shift sudah tentu menggunakan aturan waktu maksimal dalam satu hari. Rata-rata dalam satu haru terdapat 3 jenis shift dengan delapan jam kerja setiap shiftnya. Maka dari itu, pilihlah jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan dengan paruh waktu seperti CS atau customer service, penulis lepas, layouter, EO, desaigner dan lain sebagainya.
Beberapa tips dan trik mencari pekerjaan di atas bisa langsung Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mencari pekerjaan. Kunci pentingnya adalah carilah pekerjaan yang Anda sukai sehingga ketika menjalani pekerjaan tersebut, Anda tidak akan merasa setres bahkan tertekan karena harus mengerjakan sesuatu hal yang tidak sesuai dengan kemampuan dan kesukaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here