Ketika mendengar kata batik, kebanyakan orang yang cara berpikirnya masih kuno dan minim wawasan akan mengatakan kalau batik adalah baju untuk orang tua dan tidak trendi bila dipakai oleh anak muda. Padahal model baju batik untuk sekarang ini sangatlah bermacam-macam dan juga pas untuk dipakai oleh banyak anak muda sekarang ini. Batik adalah salah satu peninggalan nenek moyang kita, warisan asli Indonesia yang harus kita jaga keberadaannya.

Jika tidak dijaga, bisa dicuri oleh Negara lain yang sangat memanfaatkan kesempatan tersebut. UNESCO bahkan sudah menetapkan secara resmi bahwa batik adalah warisan asli dari Indonesia. Badan terkenal dunia saja sudah mau mengakuinya, jika kita tidak menjaganya, nanti kita sendiri yang akan rugi.

Mungkin untuk zaman dahulu, batik adalah baju yang dipakai oleh orang tua. Kebanyakan memang orang tua sangat suka dengan batik. Hal tersebut dikarenakan model baju batik motifnya bagus dan saat dipakai juga terlihat elegan dan berwibawa. Bahkan dulu bisa dikatakan, jika batik bisa menjadi penanda tingkatan status di masyarakat.

Dulu memang batik dipakai oleh orang di kalangan bangsawan saja. Tidak seperti sekarang. Sekarang orang biasapun sudah bisa memakai batik. Kesan batik memang terlihat sangat resmi. Maka dari itu, banyak orang yang memakai batik saat di acara-acara seperti kondangan, rapat perusahaan ataupun acara-acara seperti kelulusan sekolah. Batik selalu menjadi perhatian utama jika menyangkut acara-acara resmi dan penting.

Batik memang umurnya sudah tua di Indonesia, dan kebanyakan yang menyukai batik itu adalah orang tua. Tapi untuk sekarang, anak muda juga banyak yang menyukai batik. Model baju batik zaman sekarang sudah sangat banyak jenisnya, terutama baju batik untuk wanita. Wanita memang penggila hal-hal yang berbau fashion, maka dari itu para perancang busana tidak akan bosan dan kehabisan akal untuk menciptakan model yang baru dan baru lagi.

Baju Batik Kerja

Jika dulu batik hanya dibuat sebagai atasan saja, sekarang ada juga yang membuat gaun dari batik. Ataupun mini dress dari batik yang juga sangat pas jika dipakai oleh anak muda zaman sekarang. Batik untuk sekarang ini tidak selalu dipakai untuk acara-acara resmi saja. Seiring perkembangan zaman dan desain batik semakin modern, baju batik juga banyak dipakai untuk pesta.

Pemerintah selalu menghimbau pada generasi muda untuk mencintai produk asli dari Indonesia. Salah satunya adalah batik tersebut. Untuk bisa menumbuhkan rasa cinta anak muda generasi penerus bangsa untuk mencintai batik, setiap tahunnya ada hari batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober. Diresmikan pada tahun 2009, setiap tanggal tersebut, pemerintah Indonesia mewajibkan semua masyarakat di Indonesia untuk memakai batik jika bepergian.

Tujuan adanya hari batik tersebut memang dikhususkan agar masyarakat Indonesia lebih mencintai dan lebih dekat dengan batik terutama untuk anak muda. Untuk model baju batik anak muda sekarang bermacam-macam dan tentunya jika dipakai akan terlihat kuno. Anak muda kebanyakan takut dan enggan untuk memakai batik karena takut dibilang kuno, tua dan tidak gaul.

Untung saja sekarang modelnya sudah bermacam-macam dan tak jarang di sekolah seluruh Indonesia juga mewajibkan para siswanya untuk memakai batik, biasanya untuk hari Rabu dan juga kamis. Agar anak muda tidak selalu berpikiran negatif jika menggunakan batik, sebenarnya ada trik atau tips khusus yang bisa dilakukan oleh kamu para anak muda agar tetap trendi dan gaul meskipun hanya menggunakan batik saja.

Baju Batik Modern

Berikut tips yang perlu kamu lakukan sebelum memilih model baju batik yang pas bagi kamu:

1. Sesuaikanlah baju batik tersebut dengan bentuk tubuhmu. Ini langkah pertama yang harus kamu lakukan agar model baju batik yang nanti dipakai kamu akan terlihat bagus dan tidak norak. Jika kamu memiliki tubuh yang berisi, jangan sekali-kali memakai batik yang terlalu longgar karena bisa terlihat lebih besar, dan jangan terlalu ketat pula. Karena malah jika terlalu ketat, akan sulit untuk bergerak dan terasa tidak nyaman.

2. Pilihlah batik yang memakai bahan dari katun. Anak muda memang aktif bergerak, maka dari itu bisa menghasilkan keringat dua kali lebih banyak. Dengan memakai model baju batik dari katun ini, akan menyerap keringat dengan baik. Dan batik dengan bahan ini juga lembut dan nyaman bila dipakai, dan juga tidak panas juga.

3. Tentukanlah motif batik sesuai dengan acara yang akan didatangi. Sebelum kamu pergi ke acara tersebut, ada baiknya memilih model batik seperti apa yang sesuai dengan acara tersebut. Jika acara yang akan didatangi adalah acara yang kurang resmi seperti acara ulang tahun teman, mungkin Anda perlu memakai model yang kasual saja. Janganlah memilih motif batik yang terlalu kuno. Apalagi jika datang ke acara resmi, janganlah memakai batik dengan motif kuno, karena ke acara resmi pastinya bajunya harus resmi pula.

4. Pilihlah model baju batik yang tidak pasaran. Kamu bisa mencari beragam model baju di internet dan mengombinasikannya. Tak ada salahnya jika kamu memilih ke penjahit untuk dibuat baju batik sesuai dengan keinginan sendiri. Memiliki baju yang tidak pasaran bisa menjadi kepuasan tersendiri.

Batik adalah warisan negara kita, tak perlu malu lagi untuk memakai batik karena model baju batik sekarang sudah sangat banyak macamnya. Jaga dan peliharalah batik Indonesia ini agar selalu abadi. Jika bukan kita generasi muda yang menjaganya, siapa lagi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here