Pada umumnya, wanita berlomba-lomba mencari cara menurunkan berat badan agar mencapai tubuh yang ideal seperti model-model yang kerap muncul di televisi. Namun, tidak banyak juga wanita yang memiliki tubuh kecil menginginkan untuk menambahkan berat badan mereka, karena mereka merasa terlalu kurus. Maka kelompok wanita ini mulai mengonsumsi makanan penambah berat badan. Sejatinya, tidak ada wanita yang terlalu gemuk atau terlalu kurus. Semua ukuran seharusnya dapat diterima tanpa ada label buruk atau baik, karena memang tubuh setiap orang memiliki reaksi yang berbeda terhadap zat-zat makanan.

Akan tetapi, jika Anda memiliki BMI atau body mass index dibawah normal, maka sudah waktunya untuk menambahkan berat badan. Menambahkan berat badan dapat dilakukan dengan dua cara: makan dengan porsi yang lebih banyak ketimbang biasanya, atau mengkonsumsi obat-obatan yang ditujukan untuk membantu proses penambahan berat badan. Pada zaman sekarang ini, sesuatu yang sifatnya alami itu lebih sehat.

Makanan Penambah Berat Badan

Nah, cobalah beberapa makanan penambah berat badan dibawah ini untuk membantu Anda mencapai BMI yang normal.

1. Alpukat
Alpukat merupakan buah yang sangat enak dimakan maupun dijadikan jus buah. Alpukat, buah yang berwarna hijau ini, memiliki tekstur yang sangat lembut dan biji yang lumayan besar di tengah-tengahnya. Mengapa alpukat bisa membantu Anda menambahkan berat badan? Hal ini disebabkan oleh kandungan kalorinya. Ternyata, kalori yang dikandung oleh alpukat ini cukup untuk dikonsumsi sebagai pemenuh kebutuhan lemak untuk memberikan energi agar dapat beraktifitas dengan semangat.

2. Pisang
Ya, pisang merupakan buah yang paling sering digunakan untuk menemani oatmeal. Ini bukan tanpa alasan. Pisang mengandung lemak tak jenuh, kalori dan kalsium dalam jumlah yang dinilai cukup. Jika Anda familiar, banyak sekali ide diet yang menyarankan untuk mengganti nasi dengan pisang, kan? Ini karena pisang merupakan makanan penambah berat badan.

3. Mangga
Siapa yang tidak suka mangga? Jika Anda tinggal di wilayah tropis seperti Indonesia, maka sulit untuk tidak tergoda oleh mangga. Kandungan yang ada di dalam sebuah mangga adalah vitamin C dan gula. Saking tingginya kadar gula yang dikandung mangga, 100 gram buah mangga mengandung 720 kalori. Tidak tanggung-tanggung bukan?

4. Pepaya
Tidak kalah dengan mangga, buah pepaya juga ketika matang menjadi sangat manis. Nah, bisa Anda tebak sendiri kan apa penyebab rasa manis itu? Tentu saja karena kandungan gulanya. Dalam 1000 gram pepaya ada sekitar 460 kalori.. Itulah mengapa pepaya adalah makanan penambah berat badan.

5. Kurma
Meskipun buah yang satu ini berukuran kecil, ia mengandung jumlah kalori yang banyak. Jika Anda seorang Muslim, pasti pernah mendengar kalau buah yang satu ini adalah buah yang Nabi Muhammad SAW konsumsi ketika berbuka puasa, dan merupakan buah favoritnya. Dikarenakan kandungan kalori kurma yang tinggi, mengkonsumsi beberapa buah kurma akan terasa cukup memenuhi perut. Jika Anda sedang ingin menambahkan berat badan, konsumsi buah ini setelah mengkonsumsi makanan berat untuk menambah jumlah kalori.

6. Kelapa
Kelapa merupakan buah yang segar, sekaligus makanan penambah berat badan yang sehat. Kelapa tak hanya menyegarkan, namun kandungan kalori dan lemak nabatinya dapat dijadikan sebagai sumber kalori tambahan selain nasi dan lauk pauk.

7. Anggur
Anggur adalah buah yang ukurannya kecil namun memiliki kemanisan yang luar biasa. Rasa manis ini pastinya disebabkan oleh gula. Semakin manis anggur maka semakin tinggi kandungan gulanya. Maka dari itu, anggur yang manis memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi dan bisa membantu Anda menambahkan berat badan.

8. Daging sapi
Selain mengkonsumsi buah-buahan diatas, Anda juga bisa menambah asupan daging merah sebagai makanan penambah berat badan. Daging merah, seperti daging sapi ini, mengandung protein, kalori dan zat besi yang berperan aktif membantu proses penambahan berat badan. Untuk menikmatinya, Anda bisa mengolah daging sapi menjadi banyak variasi menu, seperti soto, steak, rending, sup iga sapi maupun yang lainnya.

9. Daging kambing
Daging kambing juga masih termasuk kedalam anggota daging merah. Sehingga daging kambing memiliki kandungan yang sama dengan daging sapi yang berguna untuk membantu proses penambahan berat badan. Biasanya, daging kambing dikonsumsi paling banyak saat masa Idul Adha dengan cara di sate, namun penyajiannya sangat variatif seperti gulai kambing.

10. Daging ayam
Meskipun anggota dari daging putih, ayam masih memiliki kandungan yang dapat membantu Anda menambahkan perat badan. Protein yang dikandung oleh ayam sangat tinggi, sehingga menghasilkan lemak yang juga tinggi. Dengan mengkonsumsi olahan daging ayam, atau hanya dengan direbus agar lebih sehat, Anda bisa menambahkan berat badan.

11. Ikan salmon
Makanan penambah berat badan berikutnya adalah daging ikan salmon. Penggemar sushi pasti familiar dengan ikan yang satu ini karena sering sekali digunakan sebagai bahannya. Ikan salmon memiliki kandungan lemak dan protein yang tinggi. Kedua zat ini sangat penting dalam proses penggemukan badan. Bayangkan, pada setiap 10 gram daging ikan salmon, ada sekitar 15 kalori. Belum termasuk kandungan protein dan Omega 3 nya. Meskipun harganya mahal, jika Anda memang ingin menambahkan berat badan, tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi daging ikan salmon.

Nah, itulah makanan-makanan yang dapat membantu Anda lebih gemuk. Jika dikonsumsi selama 1 minggu secara berturut-turut, makanan penambah berat badan yang ada di dalam daftar ini bisa mewujudkan cita-cita Anda agar terlihat lebih baik (tidak dibawah body mass index normal) dan tentunya lebih sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here