Bagi perempuan, penampilan merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Perempuan sangat memperhatikan kebersihan dan kesehatan dari seluruh anggota badannya, terutama yang bisa membuat penampilan semakin enak dilihat. Salah satu bagian yang juga diperhatikan oleh perempuan adalah rambut. Banyak cara merawat rambut yang dilakukan oleh perempuan agar rambutnya tetap sehat dan bagus dipandang. Bahkan bukan hanya bagi perempuan yang berkerudung dimana rambutnya tertutupi oleh kerudung pun kesehatan rambut tetap harus dijaga.

Bicara soal penampilan, banyak perempuan yang ingin memiliki penampilan yang bagus dengan ikut mengotak-atik rambutnya untuk mendukung penampilan. Ada yang mengecat rambutnya secara keseluruhan dengan berbagai macam warna cat, ada juga yang mengecatnya sebagian atau populer disebut dengan ombre yang menggunakan berbagai macam paduan warna. Namun, masalah muncul ketika mewarnai rambut, rambut menjadi bercabang, kusut dan rontok. Bagi perempuan yang berhijab, masalah lain yang biasanya muncul adalah rambut rontok, mudah patah dan berketombe. Masalah-masalah tersebut cukup merepotkan kaum hawa, sehingga diperlukan cara yang efektif lagi efisien agar rambut bisa tetap sehat, walaupun diwarnai atau tidak atau juga berkerudung.

Cara Merawat Rambut Rontok

Lalu cara merawat rambut apa saja yang kira-kira bisa dilakukan untuk memperoleh rambut yang sehat?

• Rajin Keramas
Hal yang pertama dan mutlak harus dilakukan oleh seorang perempuan yang ingin memiliki rambut sehat alami adalah rajin keramas. Keramas adalah salah satu cara merawat rambut untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari berbagai macam kotoran penyebab ketombe. Selain itu juga untuk menjaga dan menyeimbangkan kadar keringat dan minyak yang bisa membuat rambut lepek dan berbau tidak sedap. Keramas wajarnya dilakukan dua hari sekali dan tidak boleh terlalu sering mengingat bahan-bahan kimia yang terdapat dalam shampo yang digunakan. Ketika keramas, usahakan keramas dengan cara yang benar hingga rambut bersih dari segala kotoran, terutama kulit kepala.

• Penggunaan Sampo yang Tepat
Perkara keramas memang mudah, namun saat keramas pun harus menggunakan sampo yang tepat. Sampo yang tepat adalah sampo yang sesuai dengan keadaan rambut sebagai cara merawat rambut yang baik dan benar. Bila rambut mudah patah dan berketombe, maka gunakan sampo anti ketombe dan sampo yang memiliki vitamin yang bisa menguatkan akar rambut. Selain itu, Gunakan sampo yang menggunakan bahan alami seperti lidah buaya, urang aring dan bahan alami lain yang bisa menyehatkan rambut. Bagi perempuan berkerudung, sebaiknya gunakan sampo khusus bagi perempuan berkerudung karena memiliki kandungan khusus yang bisa menguatkan akar rambut serta dapat membuat rambut tetap harum wangi walaupun berkerudung. Hal ini penting karena ketika memakai kerudung, keringat akan terjebak dalam kerudung dan berpotensi membuat rambut menjadi bau.

• Gunakan Masker Rambut
Penggunaan masker rambut sebagai cara merawat rambut adalah penggunaan tambahan untuk tetap menjaga kesehatan rambut. Masker rambut berbentuk spray dengan kandungan berbagai macam vitamin tambahan yang diperlukan oleh rambut. Penggunaannya dapat digunakan sesudah keramas pada kulit kepala. Pilihlah masker rambut dengan aroma yang segar agar bisa menjaga rambut beraroma segar sepanjang hari.

• Gunakan Serum Vitamin Rambut
Nah, yang ini sangat penting dilakukan sebagai salah satu cara merawat rambut. Saat ini sudah banyak jenis serum vitamin rambut dengan berbagai macam kandungan vitamin di dalamnya. Penggunaannya memang tidak dapat sering-sering, hanya digunakan sekali dalam seminggu. Serum cukup dioleskan ke kulit kepala, sebaiknya digunakan setelah keramas.

• Penggunaan Lidah Buaya
Mungkin menggunakan lidah buaya terlihat ketinggalan zaman bagi beberapa orang. Tapi nyatanya lidah buaya memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan rambut. Penggunaannya sebagai cara merawat rambut pun mudah dan dapat ditemukan dengan mudah. Lidah buaya memang sudah terbukti bisa menyehatkan rambut dengan cara mengoleskannya ke kulit kepala maupun ke rambut secara merata.

Cara Merawat Rambut Kering

 

Selain penggunaan sampo, masker rambut, vitamin, dan lidah buaya di atas, ada beberapa hal yang penting diperhatikan apabila menginginkan rambut tetap sehat alami, antara lain:

1. Jangan sering mewarnai rambut
mewarnai rambut memang dapat membuat penampilan terlihat lebih up to date dan tidak membosankan. Tetapi, mewarnai rambut dapat menyebabkan kerusakan, seperti rambut bercabang, mudah rontok, dan mudah patah. Hal ini karena pewarna rambut mengandung bahan-bahan kimia yang tidak baik untuk dipakai secara terus menerus.

2. Memilih merek pewarna rambut yang berkualitas
Hal kedua yang juga penting dilakukan bila memutuskan untuk memiliki rambut yang sehat meski diwarnai adalah memilih pewarna rambut yang tepat. Banyak merek pewarna rambut beredar yang menawarkan berbagai macam warna, namun tidak berarti aman digunakan. Selain dapat membuat rambut rusak, penggunaan pewarna rambut yang tidak tepat dapat menimbulkan efek kesehatan lainnya, seperti alergi maupun sakit kepala.

3. Keramas secara teratur
Keramas adalah hal yang harus dilakukan secara teratur agar rambut tetap terjaga dengan baik, tetap segar dan tidak bau.

4. Tidak menguncir rambut terlalu lama
Menguncir rambut banyak dilakukan untuk membuat rambut tertata lebih rapi dan menjadikan penampilan lebih rapi. Namun, menguncir rambut bisa membuat rambut mudah patah dan bau. Selain itu, menguncir rambut bisa menjadikan rambut berminyak dan berkeringat karena rambut tidak memiliki cukup ruang untuk bernapas.

Cara merawat rambut agar sehat dengan cara-cara di atas diharapkan bisa menjaga rambut tetap sehat walaupun berkerudung maupun rambut diwarnai dengan berbagai macam warna. Hal yang penting adalah menjaga kebersihan rambut dengan baik dan rutin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here