Cara merawat kulit wajah – Memiliki kulit wajah yang cerah berseri tentu menjadi dambaan tiap orang, terutama kaum hawa. Untuk mendapatkan kulit yang cerah berseri, banyak cara yang dijalankan. Mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan hingga mengonsumsi aneka obat yang diklaim dapat memutihkan kulit wajah. Namun, perawatan di klinik pastilah membutuhkan dana yang tidak sedikit. Selain itu, konsumsi obat juga bukan tanpa efek samping. Lalu, bagaimana cara mendapat kulit cerah berseri tanpa harus mengeluarkan banyak uang?

Caranya ternyata mudah. Cukup dengan konsumsi aneka makanan yang terbukti bisa memutihkan kulit secara alami. Konsumsi aneka makanan ini sekaligus dapat menjadi cara memutihkan kulit dari dalam. Makanan yang bisa memutihkan kulit ini juga relatif bisa didapat dengan mudah di sekitar kita. Selain memutihkan, makanan-makanan berikut juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Cara Merawat Wajah

Terdapat setidaknya 10 cara merawat kulit wajah dan memutihkan tubuh secara alami dengan jenis makanan yang dapat dikonsumsi:

1. Pertama adalah makanan yang berasal dari olahan kedelai. Dalam kedelai terkandung isoflavon, yaitu sejenis fitoestrogen yang bisa meningkatkan produksi hormon estrogen dalam tubuh. Fungsi hormon ini sendiri adalah melawan proses penuaan atau anti aging. Isoflavon sekaligus bisa menangkal radikal bebas sehingga kesehatan kulit akan senantiasa terjaga. Termasuk dalam makanan olahan kedelai ini adalah kacang kedelai, tempe, tahu, susu kedelai dan lain-lain.
2. Berikutnya adalah buah serta sayur yang berwarna merah, hijau serta kuning. Ketiganya adalah makanan yang dapat memutihkan kulit secara alami. Di dalamnya terkandung banyak karoten serta anti oksidan sehingga berperan penting dalam menangkal radikal bebas, meningkatkan kesehatan kulit, mencegah proses penuaan serta mengatasi aneka permasalahan kulit. Buah dan sayur yang bisa dikonsumsi ini di antaranya adalah mangga, wortel, tomat, pepaya, ubi jalar, bayam, labu dan lain-lain.
3. Makanan penghasil vitamin C juga terbukti dapat memutihkan kulit dari dalam secara alami. Vitamin C terutama terbukti sebagai anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas serta mencegah penuaan. Penggunaan vitamin C sebagai suplemen kulit juga akan membantu menghilangkan noda hitam. Termasuk dalam makanan yang menghasilkan banyak vitamin C ini adalah buah kiwi, tomat, strawberry serta jeruk.
4. Green tea atau teh hijau menjadi makanan berikutnya yang bisa kita konsumsi apabila menginginkan kulit cerah berseri. Dalam green tea terkandung polifenol, antioksidan terkuat yang berfungsi menangkal radikal bebas. Polifenol ini juga memiliki manfaat lain yaitu menghaluskan kulit serta menyembuhkan akar kulit yang telah terbakar matahari.
5. Cokelat menjadi makanan berikutnya yang bisa dikonsumsi untuk mendapat kulit cerah. Cokelat terutama memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dalam cokelat terkandung anti oksidan dari jenis theaflavin serta flavonoids. Konsumsi cokelat dalam jumlah tepat juga terbukti mencerahkan serta menyehatkan kulit.
6. Jeruk menjadi salah satu buah yang dapat dikonsumsi guna mencerahkan kulit. Bukan tanpa alasan, karena dalam jeruk terkandung vitamin C dalam jumlah yang cukup tinggi. Jeruk juga mengandung asam sitrat sehingga dapat memutihkan kulit secara alami, menghilangkan bintik hitam pada wajah serta menyamarkan noda hitam.
7. Selanjutnya ada kentang. Umbi yang satu ini dapat membantu dalam menghilangkan noda hitam serta mengurangi bekas-bekas jerawat yang ada pada wajah. Manfaat lain dari kentang adalah mengurangi pigmentasi kulit. Hal ini akan membuat kulit tampak lebih cerah.
8. Berikutnya ada lagi lemon. Sama halnya seperti jeruk, lemon juga kaya akan kandungan vitamin C sebagai anti oksidan. Lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan flek hitam serta jerawat pada wajah.
9. Mentimun menjadi bahan makanan berikutnya yang bisa dikonsumsi untuk mencerahkan kulit wajah. Selain itu, mentimun juga akan memberikan efek segar karena kandungan airnya yang cukup banyak. Manfaat lain dari penggunaan mentimun ialah membuat kulit semakin halus, mengangkat sel kulit mati dan membantu proses regenerasi kulit agar tampak lebih putih.
10. Terakhir adalah bengkuang. Buah satu ini telah lama dipercaya dapat memutihkan kulit dari dalam secara alami. Banyak juga produk kecantikan yang menggunakan ekstrak bengkuang ini sehingga diklaim dapat memutihkan kulit secara alami. Dalam bengkuang terutama terdapat vitamin E dalam jumlah cukup tinggi sehingga akan dapat memutihkan kulit secara alami. Selain bisa dikonsumsi langsung, buah ini juga dapat dijadikan masker alami untuk wajah maupun tubuh.

Selain mengonsumsi aneka makanan di atas, masih ada beberapa usaha yang harus dilakukan agar dapat mencerahkan kulit wajah. Termasuk di antaranya adalah rutin mencuci wajah dua kali sehari atau setelah beraktivitas, menggunakan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit untuk menghindari iritasi, menggunakan pelindung wajah seperti masker saat keluar rumah, dan menghindari rokok, alkohol serta junk food yang akan merusak kulit. Perpaduan antara usaha dari dalam dan dari luar yang dilakukan ini akan membantu dalam mendapatkan kulit cerah secara lebih cepat dan tetap aman.

Kita juga perlu memahami jenis kulit masing-masing sebelum menggunakan aneka jenis perawatan tertentu. Misalnya, kulit kering akan membutuhkan cuci muka secara sering, sementara kulit berminyak tidak membutuhkan cuci muka terlalu sering. Selain itu, perawatan untuk kulit sensitif juga akan berbeda karena membutuhkan penanganan khusus. Kenali terlebih dahulu jenis kulit wajah masing-masing agar perawatan dari luar yang dilakukan bisa berhasil secara maksimal. Demikian adalah uraian terkait jenis-jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk memutihkan kulit wajah. Semoga uraian di atas bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here