Bahan dapur biasanya selain untuk bahan masakan juga bisa digunakan untuk obat. Misalnya, kencur untuk melegakan tenggorokan, garam dan gula digunakan sebagai oralit, dan madu untuk penambah daya tahan tubuh. Tetapi apakah Anda tahu bahwa banyak cara menghilangkan jerawat termasuk menggunakan bahan dapur? Tentu banyak dari kita yang lebih memilih perawatan kulit atau membeli produk khusus jerawat dengan biaya mahal.

Cara menghilangkan jerawat dengan cara seperti itu adalah wajar karena mengingat bahwa kulit pada wajah adalah kulit yang unik, lebih rentan atau sensitif, dan memiliki kriteria yang berbeda-beda. Sehingga kita lebih mempercayakan kulit kita kepada ahlinya. Lepas daripada itu, jerawat merupakan peradangan kulit yang disebabkan oleh bakteri P. Acne.

Jenis, besar, dan jumlah jerawat setiap orang berbeda-beda. Jerawat satu tetapi ukurannya cukup besar biasa disebut jerawat batu, sedangkan jerawat kecil-kecil dengan jumlah yang banyak biasa disebut dengan jerawat pasir. Bahkan ada jerawat yang letaknya di lipatan ketiak, punggung, atau bokong.

Jerawat umumnya disebabkan oleh jenis kulit yang berminyak karena biasanya orang yang memiliki jenis kulit berminyak lebih mudah berjerawat. Faktor lainnya adalah keseimbangan hormon, yang disebabkan oleh stress, pubertas, kehamilan, menopause, dan pola makan yang tidak sehat.

Bisa juga karena makeup yang masih menempel dan konsumsi obat-obatan, Semua itu menyebabkan hormon androgen menjadi lebih meningkat sehingga menimbulkan jerawat. Hal lain yang harus diperhatikan saat sedang mengalami jerawat adalah jangan menyentuh atau memencetnya dengan tangan kotor. Usahakan juga agar wajah selalu terlindung dari sengatan matahari. Lalu, apakah bahan-bahan dapur bisa menghilangkan jerawat?

Menghilangkan Jerawat

Nah, berikut ini adalah cara menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan dapur yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit.

1. Madu
Madu memiliki kandungan hydrogen peroksida sebagai antibakteri. Untuk mengatasi jerawat menggunakan madu, cukup langsung oleskan saja pada daerah yang berjerawat atau bisa dicampurkan dengan daging buah alpukat lalu diamkan selama 45 menit. Bilas dengan air dingin. Lakukan sebanyak 2-3 kali seminggu. Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan kulit.

2. Pepaya dan Daun Pepaya
Peeling paling alami dan paling mudah bahannya untuk kita dapatkan adalah pepaya. Kemampuannya dalam mengangkat sel-sel kulit mati dipengaruhi oleh enzim papain. Caranya, haluskan buah pepaya lalu oleskan pada wajah atau kulit yang berjerawat lainnya. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat.
Selain buahnya, daun pepaya juga banyak manfaatnya untuk jerawat. Daun pepaya memiliki kandungan enzim lisozim sebagai antiinflamasi dan senyawa alkaloid karpain sebagai antibakteri. Cara menghilangkan jerawat dengan daun pepaya ini sangat mudah, yaitu ambil 3-4 lembar daun pepaya. Keringkan lalu tumbuk. Campurkan dengan air lalu oleskan secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

3. Lidah buaya
Kandungan esensial, protein, mineral, dan asam amino pada lidah buaya bermanfaat sebagai penambah sistem kekebalan tubuh. Kandungan giberelin dan polisakarida sebagai antibakteri. Magnesium laktat sebagai pereda gatal. Antrakuinon sebagai penyegar kulit. Cara menghilangkan jerawat dengan lidah buaya yaitu, kupas lidah buaya lalu ambil gelnya. Haluskan gel lalu oleskan pada kulit berjerawat. Diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air dingin.

4. Tomat
Sama seperti madu, cara menghilangkan jerawat dengan tomat bisa langsung digunakan untuk masker jerawat dengan cara menghaluskannya atau bisa juga mencampurkannya dengan buah zaitun atau minyak zaitun untuk kosmetik (bukan untuk memasak). Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas hingga bersih. Tomat memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi sebagai antioksidan dan zaitun memiliki kandungan vitamin komplek, seperti vitamin A,B,C,E, dan kandungan polifenol serta favonoid sebagai antioksidan, mengurangi peradangan, dan antibakteri.

5. Kulit jeruk
Kulit jeruk mengandung vitamin C dan asam alpha yang bermanfaat untuk membersihkan pori-pori dari debu dan kotoran serta mengangkat sel kulit mati. Caranya, buatlah bubuk kulit jeruk dengan mengeringkannya lalu ditumbuk hingga halus. Setelah itu, bubuk kulit jeruk dicampur dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Oleskan pasta kulit jeruk pada kulit yang berjerawat lalu diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air hangat.

6. Yogurt
Yogurt selain bisa digunakan untuk meredakan desminore juga bisa untuk menghilangkan jerawat. Yogurt diketahui memiliki kandungan asam laktat dan zinc yang bagus untuk kulit. Caranya, oleskan yogurt ke wajah/bagian yang berjerawat yang sudah dibersihkan. Diamkan selama kurang lebih 30 menit lalu basuh dengan air dingin. Lakukan seminggu sebanyak 2-3 kali.

7. Putih telur
Enzim lysozim pada putih telur bermanfaat sebagai antibakteri dan mengecilkan pori-pori. Agar tidak amis, campurkan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Namun, apabila kulit Anda sensitif, tidak perlu dicampurkan. Kocok putih telur hingga mengembang lalu oleskan ke kulit berjerawat. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

8. Kopi
Cara menghilangkan jerawat dengan kopi sangat mudah. Cukup tambahkan dengan air lalu oleskan pada kulit berjerawat. Pijat perlahan lalu diamkan selama 30 menit. Bilas dengan air dingin.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Bahan Alami

Demikianlah beberapa tips mengenai cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur kita. Bahan-bahan diatas dipilih sesuai kebutuhan kulit agar bisa diaplikasikan k semua jenis kulit, terutama untuk kulit yang sensitif. Bila ada yang mudah dan murah, sepatutnya kita mencobanya sendiri bukan? Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here