Perhatian perempuan pada anggota badannya tidak terbatas pada anggota badan yang terlihat saja atau yang bisa menunjang penampilan saja, seperti wajah, rambut, mata atau bibir. Bagian tubuh yang lain seperti ketiak pun menjadi salah satu bagian yang diperhatikan, mengingat ketiak adalah tempat yang sangat rawan bau dan berwarna gelap. Banyak orang yang tidak ingin memiliki ketiak yang bau sehingga mencukur bulu ketiak hingga habis atau dapat juga menggunakan deodoran agar ketiak tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Namun, tahukah Anda apabila mencukur bulu ketiak dan memakai deodoran bisa membuat ketiak menjadi hitam? Bagi sebagian perempuan mungkin hal ini tidak masalah, karena menggunakan pakaian berlengan yang menutupi ketiak, namun bagi sebagian perempuan lainnya yang lebih suka memakai baju tanpa lengan, hal ini akan sangat mengganggu penampilan. Lalu bagaimanakah cara memutihkan ketiak yang bisa dilakukan? Cara memutihkan ketiak bisa dilakukan melalui cara alami atau menggunakan bahan tertentu.

Cara Alami Memutihkan Ketiak

Nah, akan dibahas bagaimana cara memutihkan ketiak dengan bahan-bahan alami.

1. Buah Mentimun
Buah mentimun memang memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh. Bukan hanya untuk memutihkan dan membuat wajah terlihat lebih cerah, mentimun dapat digunakan sebagai cara memutihkan ketiak dengan bahan alami. Hal ini karena mentimun mengandung zat antioksidan yang dapat mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati inilah yang membuat ketiak menjadi hitam.

Cara menggunakan buah mentimun untuk sebagai bahan untuk memutihkan ketiak adalah mentimun diiris tipis kemudian dihancurkan dan diambil airnya saja. Setelah airnya terambil, air mentimun dioleskan secara merata pada kedua ketiak dan diamkan hingga satu jam. Setelah satu jam, bersihkan ketiak menggunakan air hingga bersih. Penggunaan mentimun untuk membuat kulit menjadi putih dapat digunakan secara rutin setiap hari.

2. Lemon
Lemon tidak hanya enak dijadikan sebagai minuman atau campuran minuman teh saja. Lemon ternyata memiliki manfaat lain, yaitu untuk memutihkan ketiak. Lemon mengandung vitamin C yang mengandung asam dan dapat melawan bakteri yang menyebabkan menumpuknya sel kulit mati di ketiak. Sel kulit mati inilah yang membuat ketiak lama kelamaan menghitam. Penggunaan lemon caranya adalah dengan mengiris lemon tipis-tipis saja. Kemudian gosokkan irisan lemon selama kurang lebih 3 sampai 5 menit.

Setelah dirasa cukup, bersihkan ketiak dengan air bersih. Namun, yang perlu diperhatikan dalam penggunaan lemon pada ketiak ini adalah asam yang terkandung dalam lemon berpotensi membuat kulit ketiak menjadi kering, sehingga dibutuhkan bahan lain untuk menjaga kulit ketiak tidak kering, yaitu dengan menggunakan madu. Madu cukup dioleskan saja hingga merata kemudian dibersihkan dengan air bersih. Penggunaan lemon dan madu ini bisa digunakan secara rutin dua hari sekali.

3. Gula
Mungkin banyak yang tidak menyangka kalau gula bisa digunakan sebagai cara memutihkan ketiak. Gula adalah bahan yang sangat mudah didapatkan karena biasa digunakan untuk bahan pemanis minuman, kue, atau masakan. Ternyata, ada manfaat lain dari gula untuk bisa memutihkan kulit ketiak. Mengapa bisa demikian? Gula adalah bahan yang bertekstur kasar dan berbutir sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan memutihkan ketiak karena teksturnya yang kasar bisa merontokkan kulit ketiak yang menghitam.

Namun sebaiknya penggunaan gula untuk mengangkat sel kulit mati penyebab ketiak menghitam ini perlu dicampur dengan bahan lain agar tidak terlalu kasar ketika mengenai permukaan kulit. Bahan pelengkap yang cocok digunakan adalah minyak zaitun. Selain bisa membuat gula menjadi lebih halus ketika digosokkan pada kulit ketiak, minyak zaitun juga mengandung vitamin E yang dapat meregenerasi kulit mati. Cara penggunaannya adalah dengan mencampur satu sendok gula dan satu sendok minyak zaitun, kemudian dioleskan pada permukaan ketiak selama 1 sampai 2 menit. Setelah dirasa cukup bersihkan dengan air. Cara ini bisa dilakukan secara rutin yaitu 2 kali seminggu.

4. Susu dan yoghurt
Nah, untuk cara yang selanjutnya bisa menggunakan campuran susu dan yoghurt. Kedua bahan ini mudah ditemukan, terlebih bagi yang sering mengkonsumsi susu dan yoghurt setiap hari. Mengapa susu dan yoghurt bisa digunakan sebagai cara memutihkan ketiak? Hal ini karena susu dapat melembapkan ketiak sedangkan yoghurt memiliki vitamin C yang dapat mengangkat sel kulit. Penggunaannya adalah dengan cara mencampur 3 sendok makan susu murni dengan 2 sendok makan yoghurt. Setelah dicampur, kemudian dioleskan pada ketiak dan diamkan selama 15 sampai dengan 20 menit. Setelah dirasa cukup, bilas hingga bersih. Cara ini bisa dilakukan rutin setiap hari.

5. Kulit jeruk
Kulit jeruk tak hanya bermanfaat untuk mengusir nyamuk saja, namun juga bermanfaat untuk cara memutihkan ketiak. Kulit jeruk memiliki tekstur yang bergelombang sehingga sangat cocok dijadikan sebagai scrub agar dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang membuat ketiak menjadi hitam. Selain itu, seperti halnya buah jeruk, kulit jeruk juga mengandung asam yang cukup tinggi sehingga mempermudah dalam pengelupasan sel kulit mati.

6. Lidah buaya
Bahan selanjutnya yang dapat membantu memutihkan kulit ketiak adalah lidah buaya. Ternyata lidah buaya tidak hanya sekedar dapat membantu kesehatan rambut, tetapi juga bisa digunakan untuk memutihkan kulit ketiak yang menghitam. Sama halnya dengan yoghurt, lidah buaya memiliki kandungan vitamin C sehingga memudahkan dalam perontokan sel kulit mati. Cara menggunakan lidah buaya adalah dengan mengambil bagian daging atau gelnya saja kemudian dioleskan pada ketiak dan dibiarkan sekitar 15 menit. Setelah itu dibilas dengan air bersih.

Cara memutihkan ketiak dengan menggunakan berbagai bahan alami di atas sangat mudah dilakukan, bahkan dapat dilakukan secara rutin tanpa mengakibatkan efek samping.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here